Easy Slider jQuery Plugin Demo
  • Css Template Preview
  • Css Template Preview
  • Css Template Preview
  • Css Template Preview
Kimia
Diposting tanggal: 20 Desember 2011

Profile

Berdirinya Jurusan Kimia seiring dengan terbentuknya Fakultas MIPA pada  tahun 1988 dengan nama Sekolah Tinggi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (STMIPA), sejak tanggal 9 bulan Agustus tahun 1990 institusi yang ada di bawah naungan Yayasan Kartika Eka Paksi yang dilebur  menjadi Universitas Jenderal Achmad Yani dengan SK   No: Skep/-027/YKEP/1990, dan SK Mendikbud No: 0513/1990. Maka sejak tahun tersebut STMIPA berubah menjadi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dengan Program Studi KIMIA dan FISIKA, kemudian tahun 1999 ditambah dengan Program Studi FARMASI (SK Dirjen Dikti No: 217/Dikti/Kep/1999), dan melalui Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Nomor : 3167/D/T/2005 maka berdirilah Jurusan Ilmu Komputer di Fakultas MIPA UNJANI.

Jurusan Kimia Fakultas MIPA Universitas Jenderal Achmad Yani berusaha memberikan pelayanan kepada anggota masyarakat yang berkeinginan untuk meningkatkan pendidikan profesional dalam bidangnya. Sampai saat ini Jurusan Kimia telah mendapatkan status  Terakreditasi  dengan nilai  “B” untuk yang pertama berdasarkan Keputusan BAN – PT Nomor : 01/BAN-PT/Ak-II/S1/XII/1998, yang kedua berdasarkan Keputusan BAN - PT Nomor : 10/BAN-PT/Ak-VII/S1/IV/2004, dan yang ketiga berdasarkan Keputusan BAN-PT : 017/BAN-PT/Ak-XIII/S1/IX/2010.

Jurusan Kimia Fakultas MIPA Universitas Jenderal Achmad Yani,  menghasilkan Sarjana Sains (S.Si) bidang Kimia yang berpengetahuan, berketrampilan dan berdedikasi tinggi dalam pengelolaan bahan - bahan kimia, industri, penemuan dan pengembangan dalam bidang kimia.

Visi dan Misi

Visi
Penyelenggara program studi kimia terdepan yang mendukung ilmu pengetahuan dan teknologi, serta terlibat aktif dalam jaringan ilmiah nasional dan  internasional.

Misi
1. Meningkatkan manajemen secara professional sesuai dengan penjaminan mutu pendidikan.


2. Meningkatkan relevansi pendidikan dengan arah kimia instrumentasi industry dan bahan alam terapan yang berwawasan lingkungan.


3. Meningktakan proses belajar mengajar, keterseidaan sarana dan prasarana untuk menciptakan atmosfir akademik yang berkualitas.


4. Meningkatkan kualitas dan kuantitas dosen dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada sebagai wujud pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi.


5. Berperan aktif mengikuti kegiatan ilmiah nasional dan internasional.



Fasilitas Pembelajaran

1. Laboratorium penelitian (bahan alam dan instrumentasi)
2. Laboratorium kimia dasar
3. Laboratorium kimia fisik
4. Laboratorium kimia analitik
5. Laboratorium kimia organic
6. Laboratorium kimia anorganik
7. Laboratorium biokimia

Kurikulum dan Lulusan

Kurikulum
Pelaksanaan pendidikan pada Jurusan Kimia Fak. MIPA UNJANI Strata 1 (S-1) yaitu menghasilkan Sarjana Sains (S.Si), waktu studi 8 semester dan beban studi 144 SKS, yang bertujuan untuk :


A. Menghasilkan sarjana-sarjana yang mampu bekerja di Pemerintah/Swasta, Industri/Pabrik, seperti :  Dinas Kesehatan, Dinas Pengairan, Dinas Kepolisian, Dinas Pertanian, Dinas Militer, Dinas Geologi, Dinas Pendidikan, melakukan riset-riset Penelitian di Lembaga-lembaga penelitian, seperti : BPPT, LIPI, PPAU dan lembaga penelitian lainnya, Pertamina, Pabrik Kertas, Pabrik Cat, Pabrik Tekstil, Industri Obat-obatan, dan industri lain yang menggunakan jasa kimiawan.


B. Memberikan pelayanan kepada masyarakat umum maupun militer, dan pengguna jasa Kimiawan untuk mendapat masukan atau wawasan bidang Kimia.
Kurikulum jenjang Pendidikan Sarjana Sains (S.Si) Jurusan Kimia Fak. MIPA UNJANI disusun berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor : 056/U/1994 tanggal 19 Maret 1994 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa, serta Keputusan Menteri Nomor : 0219/4/1995 tanggal 25 Juli 1995 tentang Kurikulum yang berlaku secara Nasional untuk Program Sarjana Sains (S.Si) bidang Kimia, dan pada tahun 2009 kurikulum Jurusan Kimia disempurnakan menjadi Kurikulum Berbasis Kompetensi.

Lulusan
 
Selama 4 tahun terakhir menunjukkan bahwa waktu studi mahasiswa Jurusan Kimia 80% sudah tepat waktu, dengan IPK kelulusan rata-rata 3.04 dan waktu tunggu selama 6 bulan (sumber: Borang Akreditasi Jurusan Kimia 2010).
Setelah berhasil menyelesaikan Program Studi pada jenjang Sarjana Sains (S.Si), peserta didik diharapkan mampu :
menguasai penggunaan peralatan instrumentasi canggih dan terkini yang banyak digunakan di industri-industri kimia saat ini, serta dapat mengenali, mengamati, melakukan pendekatan dan memecahkan masalah kimia melalui pengembangan riset dan teknologi, sesuai dengan kompetensi Program Studi Kimia yaitu Instrumentasi Industri dan Bahan Alam Terapan.
Sejak Tahun 1993 sampai saat ini Jurusan Kimia Fakultas MIPA Unjani telah melahirkan sarjana kimia yang profesional yang sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia.  Masa tunggu alumni Kimia FMIPA UNJANI ini sekitar 3 s/d 6 bulan, dan mereka telah bekerja diberbagai instansi baik pemerintah, swasta dan lembaga-lembaga yang membutuhkan keahlian mereka sebagai sarjana kimia.
 

Syarat dan Pendaftaran

Dapat Dilihat pada bagian informasi pendaftaran Universitas Jenderal Achmad Yani